Struktur dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Assalamualaikum Wr Wb

Teks laporan hasil observasi-Teks laporan hasil observasi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan hasil observasi atau pengamatan terhadap sesuatu yang ada di sekitar kita.

Teks ini memiliki fungsi untuk menjelaskan suatu objek atau fenomena berdasarkan hasil pengamatan. Teks laporan hasil observasi memaparkan fakta-fakta dengan jelas dan terperinci.

Kertas

Struktur Teks laporan hasil observasi terdiri atas :

  • Definisi Umum (pembukaan). Berisi pengertian sesuatu yang akan dibahas
  • Deskripsi Bagian. Berisi gambaran atau penjelasan tentang sesuatu secara rinci
  • Deskripsi Manfaat. Berisi manfaat atau kegunaan dari sesuatu yang dibahas tsb
Baca Juga : Struktur, Ciri Bahasa, dan Contoh Teks Tantangan

Dalam sebuah laporan hasil observasi diperlukan sebuah definisi berupa sebuah pengertian. Kalimat definisi dapat dirumuskan sebagai X = Y.

X adalah benda yang didefinisikan dan Y adalah definisi (pengertiannya), sementara itu, tanda = adalah kata penghunbung, seperti (i) adalah, ialah, merupakan, dan termasuk.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

SAPI
center;”> Sapi digolongkan sebagai hewan mamalia atau hewan yang menyusui. Sapi atau yang nama Latinnya Bos taurus ini berkedudukan di Kingdom Animalia (tingkatan jenis hewan). Sapi atau lembu adalah hewan mamalia yang banyak berfungsi bagi manusia serta termasuk hewan yang dapat diternakkan.

Sapi yang baru Lahir beratnya mencapai 25-45 Kg. Tetapi saat dewasa, Beratnya bisa mencapai rata-rata 1,090 Kg. Beratnya ini pun tergantung jenis atau Ras nya. Umurnya rata-rata mencapai 15 tahun.
Tahun Lalu, Presiden kita berkurban dengan sapi jenis Ongole Kualitas Terbaik.
Daging sapi (Bahasa Inggris: beef) adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Sebagai contoh has luar, daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang.
Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia. Hasil sampingan, seperti kulit, jeroan, dan tanduknya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai sebagai penggerak alat transportasi, pengolahan lahan tanam (bajak), dan alat industri lain (seperti peremas tebu). Karena banyak kegunaan ini, sapi telah menjadi bagian dari berbagai kebudayaan manusia sejak lama.
Sekian ulasan tentang Struktur dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Wassalamualaikum wr wb
Referensi :
http://lussychandra.blogspot.co.id/2014/09/contoh-laporan-hasil-observasi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *