Struktur, Ciri Bahasa, dan Contoh Teks Rekaman Percobaan

Struktur, Ciri Bahasa, dan Contoh Teks Rekaman Percobaan- Selain Teks Tantangan, Teks rekaman percobaan juga termasuk teks baru di kurikulum 2013.
 
Teks rekaman percobaan adalah teks yang memaparkan percobaan yang telah dilakukan penulis atau seseorang.
kertas

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Struktur teks rekaman percobaan terdiri atas lima bagian :
1. Judul
Judul adalah nama sebuah karangan yang menggambarkan isi karangan. Di dalam teks rekaman percobaan, judul dapat diambil dari percobaan yang dilakukan.
2. Tujuan serta alat dan bahan
Tujuan berisi keinginan atau maksud yang ingin dicapai dari percobaan yang dilakukan. Alat dan bahan berisi bahan atau benda yang diperlukan dalam melakukan percobaan tersebut.
3. Langkah-langkah
Struktur langkah-langkah berisi tahap tahap melaksanakan percobaan atau proses melakukan percobaan.
4. Hasil
Berisi uraian hasil yang diperoleh dari percobaan yang telah dilakukan
5. Simpulan
Berisi pendapat penulis terhadap percobaan yang telah dilakukan.

Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

1. Menggunakan Kalimat Kompleks/Kalimat Majemuk
Kalimat kompleks atau majemuk adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu pola kalimat. Kalimat kompleks terdiri atas lebih dari satu kalimat tunggal atau kalimat simpleks. Kalimat kompleks dibagi menjadi 2 jenis yaitu setara dan bertingkat.

2. Menggunakan Kata Hubung
Kata penghubung adalah kata yang menjadi penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagtaf.
Contoh kata hubung : dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dll

3. Menggunakan Kata rujukan
Kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata, frasa, klausa, atau kalimat sebelumnya. Kata rujukan biasanya menggunakan kata ganti (ia, mereka, dia), penunjuk (ini,itu), keterangan (di sini, di sana).

4. Menggunakan istilah teknis
Penggunaan istilah teknis menjadi bagian dari unsur bahasa dalam teks rekaman percobaan, yakni pilihan kata atau diksi yang digunakan sesuai konteks. Pilihan kata harus dilakukan dengan tepat.

5. Menggunakan kalimat

perintah
Penggunaan kalimat perintah untuk menjelaskan langkah-langkah.

6. Menggunakan kata bilangan
Contoh : satu,dua,pertama,kedua,dll

Contoh Teks Rekaman Percobaan

Cara Membuat Lampion Benang yang Unik dan Menarik
Membuat lampion dari benang merupakan sebuah kerajinan tangan yang bisa dibuat sendiri dengan mudah. Kamu bisa membuat prakarya ini untuk mengisi waktu luang selain itu juga bisa digunakan sebagai peluang usaha yang menjajikan. Lampion benang merupakan sebuah lampu yang dibuat menggunakan benang atau tali yang dibentuk sebagai tempat bolam lampion. Lampion jenis ini sangat banyak dibuat karena memiliki bentuk yang unik serta biaya untuk membuat relatif murah.

Selain menambah kreativitas, lampion juga dapat dijual untuk menunjang pendapatan.

ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT LAMPION :

  • Balon karet
  • Benang warna
  • Lem kayu
  • Kain flanel
  • Kuas
  • Gunting
  • Bola lampu

LANGKAH MEMBUAT LAMPION BENANG

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampion benang telah siap, sekarang kita lanjut langkah-langkah untuk membuatnya.

Untuk membuatnya dibutuhkan ketekunan serta keuletan. Berikut langkah-langkah untuk membuat lampion benang :

  1. Ambil balon karet yang telah disiapkan, tiup atau isi angin sampai dengan ukuran yang diinginkan. Usahakan jangan terlalu besar karena akan memerlukan bahan serta waktu yang lebih banyak.
  2. Masukan lem kayu ke dalam wadah campur dengan sedikit air agar lem sedikit lebih encer. Jangan terlalu encer karena akan lama kering serta daya rekatnya berkurang.
  3. Setelah lem sudah tercampur sempurna dengan air, gunakan kuas untuk melapisi semua permukaan balon dengan lem tersebut, hal ini dilakukan agar benang bisa menempel pada balon.
  4. Setelah semua permukaan balon dilapisi lem, lilitkan benang ke balon dengan acak.
  5. Bila lilitan benang sudah kelihatan rata dan agag tebal, lapisi ulang seluruh permukaannya menggunakan lem dan lilitkan lagi benang ke balon. lakukan langkah ini secara berulan-ulang sampai tingkat ketebalan balon yang kamu inginkan. Yang harus kamu perhatikan adalah semakin tebal lilitan benang pada balon makan nantinya akan semakin redup cahaya yang keluar dari lampion.
  6. Setelah selesai lapisi kemabli seluruh permukaan benang dengan lem.
  7. Tunggu lem sampai mengering, usahakan selama pengeringan lem balon di gantung dan hindarkan dari panas matahari karena dikawatirkan balon akan meledak.
  8. Setelah lem benar-benar kering potong pada bagian bawah balon untuk membuat lubang agar bisa dipasang lampu.
  9. Langkah terakhir satukan lampion yang telah dibuat dengan bolam lampu yang telah disiapkan.
  10. Agar tampilan lampion benang makin menarik, kamu bisa menghias menggunakan kain flanel dan membentuk berbagai karakter lucu yang kamu sukai.

Dan lampion yang indah pun telah dibuat, walaupun agak terlalu susah namun jika kita ulet dan teliti dalam membuatnya maka akan terasa lebih mudah dan cepat.

Itulah cara membuat lampion benang, bagaimana menarik bukan? dengan bahan yang sederhana kamu bisa membuat lampion yang memiliki nilai seni tinggi. Dengan membaca ini tentu kamu sekarang telah memiliki banyak ide untuk membuat lampion dengan bentuk unik serta menarik.

Sekian ulasan tentang Struktur, ciri bahasa, dan contoh teks rekaman percobaan

Wassalamualaikum wr wb
SUMBER : http://sarungpreneur.com/cara-membuat-lampion-benang-yang-unik-dan-menarik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *