Lakukanlah 5 hal ini jika anda berkunjung ke Cirebon

Cirebon merupakan kota yang terletak di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, sering dijuluki sebagai kota udang maupun wali , kota ini juga kaya akan budaya, sejarah dan keragaman etnis. Semenjak keberadaan tol cipali Cirebon mulai dilirik dan popular dikalangan para wisatawan luar.

Cirebon kota udang , bukan hanya sebuah julukan ini di karenakan kota Cirebon yang terletak di pesisir pantura sehingga melimpahnya hasil bahari terutama udang yang menjadi asal-usul nama Cirebon yang mempunya “Ci” atau “Cai” yang berarti air dan “rebon” atau “udang”

Selain dijuluki kota udang, Cirebon pun mendapat julukan kota wali. Ini didasarkan sejarah yang dilalui sehingga terbentuknya kota ini. Terdapat napak tilas salah satu wali songo saat penyebaran agama islam pada zaman dahulu. Salah satu wali songo tersebut adalah sunan gunung jati.

Cirebon bukanlah first city namun kota ini banyak dikunjungi oleh para pelancong luar daerah Cirebon bahkan para tourist, dan walaupun cirebon bukanlah kota yang penuh dengan objek wisata, namun banyak orang yang datang ke Cirebon untuk mengeksplor kuliner khasnya dan mencari batik khas Cirebon di pusat belanja batik yang berada di kampong trusmi atau ada juga yang melakukan tur ke tempat-tempat sejarah.

Banyak hal menarik yang bisa kita ulik ketika berkunjung ke Cirebon. 4 di antaranya adalaha hal yang harus anda lakukan ketika berkunjung ke Cirebon.

1.Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi
Gua Sunyaragi

Salah satu hal yang Cirebon punya dan tidak dimiliki oleh kota lain ialah terdapatnya Gua dengan arsitektur yang sangat unik. “Gua Sunyaragi” namanya. Gua ini membentuk candi yang dibentuk menggunakan sekumpulan bebatuan. Disini terdapat satu batu yang tegak berdiri menyerupai seorang putri yang tengah bertapa, konon katanya tidak boleh di sentuh  oleh seorang gadis karena bisa mempersulit jodoh/alot jodoh orang Cirebon bilang.

2.Mengunjungi Keraton Cirebon

Keraton Cirebon

Sejarah kota Cirebon masih sangat kental, dibuktikan dengan peninggalan sejarahnya yang ada hingga sekarang yang diwakili oleh 3 keraton di Cirebon, yakni keraton Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, mengunjungi ketiga keraton tersebut menghantar anda dalam menyelami masa lampau banyak peninggalan pada zaman dahulu yang masih terjaga dengan sangat apik.

3.Menjelajah Kuliner Khas Cirebon

Beragam kuliner khas cirebon

Jika ditanya satu hal tentang Cirebon pasti tidak terlepas dari “Surganya Kuliner”. Cirebon memang terkenal dengan wisata kulinernya yang menggugah selera, aneka jajanan lokal dan makanan khasnya membuat Cirebon punya tempat sendiri dihati para wisatawan sebagai kota penghasil kuliner nikmat.

Diantara  kuliner lokal populernya selain nasi jambalang dan lengko yang menjadi favorit banyak orang ialah empal gentong. Daging sapi yang lembut dengan kuah santan yang gurih di proses didalam gentong. Inilah yang memebedakan empal gentong Cirebon, Rasa gurih dan lembut dagingnya dapat membuat anda ketagihan dan selalu rindu Cirebon.

4.Belanja dan belajar membatik

Membatik

Batik merupakan salah satu kesenian yang masih hidup di kota Cirebon. kain yang mempunyai motif indah ditulis dengan lilin malam dan diberi sentuhan warna yang menarik menjadikan kain batik sebagai warisan budaya kebanggaan Indonesia.

Dicirebon sendiri terdapat satu kampung khusus sebagai sentra penghasil batik Cirebon, anda dapat berburu batik-batik dengan motif yang unik di gerai-gerai batik yang berjejer di sepanjang jalan kampung trusmi, atau belajar membatik langsung dengan pengrajin batik, anda bisa berkunjung ke BT Batik Trusmi untuk mendapatkan pengalamman membatik sekaligus berburu batik-batik terbaik khas Cirebon.

5.Berburu Oleh-oleh khas Cirebon

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Setelah puas belajar sejarah, budaya Cirebon, dan mencoba kuliner khas tradisionalnya, tidak lengkap jika anda pulang tidak membawa buah tangan yang khas juga dari Cirebon.  Banyak ragam oleh-oleh khas Cirebon yang dapat anda bawa seperti aneka jajanan lokal , pernak-pernik khas Cirebon yang unik hingga kain batik . Banyak pilihan kain batik yang dapat anda pilih, selain motif, mode batik kian hari kian beragam mengikuti perkembangan zaman. Untuk mendapatkan kain batik pilihan terbaik kamu bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh Cirebon BT Batik Trusmi sebagi surga wisata belanja di Cirebon. (jow)